install wordpress di cpanel

Jika sebelum anda membaca artikel ini telah mengetahui wordpress dan ingin mengetahui bagaimana cara install WordPress di cPanel, maka silahkan meneruskan membaca. Namun jika anda belum mengetahui apa itu WordPress, maka sebaiknya anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Apa itu WordPress terlebih dahulu.

Oke kita lanjut dengan langkah-langkah instalasi wordpress, yang perlu disiapkan untuk instalasi wordpress ini adalah anda sudah memiliki akun cPanel dan domain yang bisa anda dapatkan dari perusahaan penyedia atau provider webhosting.

Namun jika anda belum memilikinya, anda bisa membeli/menyewa webhosting dan domain melalui kami di halaman ini.

1. Pendahuluan sebelum Install WordPress

1.1. Apa itu Webhosting, cPanel dan Softaculous?

Sebelum kami menjelaskan tentang langkah-langkah Install WordPress di cPanel, maka kami akan menjelaskan sedikit tentang beberapa istilah yang terkait dengan tutorial ini agar setidaknya kita memiliki pemahaman yang sama, atau jika anda sudah memahaminya bisa melewatkan bagian ini.

1.1.1 Apa itu Webhosting?

Webhosting adalah sebuah jenis jasa digital yang memberikan tempat (space) dimana kita bisa menyimpan website kita agar dapat di akses 24 jam 7 hari seminggu.

Jika ingin analogi sederhana, webhosting ibarat sebuah apartment atau bisa saja sebuah mall, dimana ada banyak ruangan, kamar atau gerai yang disewakan untuk konsumen yang membutuhkan, hanya saja ini virtual space, barang-barangnya yang mengisi ruangan-ruangan tersebut adalah data yang dimiliki konsumen.

Ada pengelola ruangan tersebut yang membuka untuk umum seperti gerai mall contohnya company profile, toko online dsbnya, tapi ada juga yang hanya untuk kalangan tertentu saja misalnya ruangan yang dijadikan “kantor” digunakan hanya untuk manajemen internal perusahaan

1.1.2. Apa itu cPanel?

cPanel itu salah satu jenis dari hosting panel, ibaratnya hosting itu adalah tempat tinggal website kamu, sedangkan hosting panel adalah infrastrukturnya, misalnya ada infrastruktur pintunya, maka ketika mau masuk harus pakai kuncinya terlebih dahulu, itu semua disiapkan oleh cPanel.

1.1.3. Apa itu Softaculous?

Softaculous adalah addons tambahan yang biasanya sudah di install oleh penyedia/provider hosting di cPanel. Ibarat fungsinya adalah misalnya kamu mau cuci baju, tinggal masukin baju kotor, mesinnya nanti nyuci, bilas, ngeringkan sendiri, keluar-keluar baju kamu sudah kering. Sebenarnya bisa aja kamu nyuci sendiri, bilas sendiri dan ngeringkan sendiri, tapi ada pabrik yang buat mesin cuci, sehingga proses itu bisa lebih ringkas, tinggal klik langkah-langkah tadi sudah dikerjakan secara otomatis oleh mesinnya.

Sedangkan Softaculous disini fungsinya untuk membantu instalasi aplikasi-aplikasi yang lebih simple langkah-langkahnya daripada kamu install manual, singkatnya program otomatisasi instalasi aplikasi yang biasanya digunakan di webhosting, termasuk install wordpress.

1.2 Alternatif Cara Install WordPress di cPanel

Ada 2 cara yang banyak digunakan pengguna cPanel untuk instalasi WordPress, yaitu :

  1. Install WordPress di cPanel dengan aplikasi Softaculous script installer, ini yang paling banyak digunakan, dan
  2. Install WordPress di cPanel secara manual

Tentunya masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya, yang akan kami kupas setelah bagian langkah instalasi wordpress di cPanel.

2. Langkah Install WordPress di cPanel dengan script installer Softaculous

Langkah-langkah instalasi wordpress di cPanel dengan Softaculous adalah sbb :

2.1. Login ke akun Cpanel anda

Ketika anda membeli atau menyewa webhosting dengan cPanel, maka provider/penyedia akan menginformasikan kepada anda URL link untuk login ke cPanel.

Biasanya bisa diakses dengan menambahkan /cpanel dibelakang domain anda, misalnya domain anda adalah domainku.com, maka akses cPanelnya melalui browser dengan URL domainku.com/cpanel

Setelah anda mengetikan URL tersebut dan tersambung, maka akan muncul halaman login, dimana anda harus masukan username & password cpanel yang telah diberikan provider anda.

Login cPanel
Login cPanel

Masukan username dan password anda yang sudah diberikan oleh provider, kemudian klik tombol masuk.

2.2. Pilih menu icon Softaculous Apps Installer

Setelah login anda sukses, maka anda akan dibawa ke dashboard cPanel dengan berbagai icon dan fungsi. Mungkin tampilan cPanel bisa berbeda-beda tergantung versi dan bagaimana provider menyiapkan temanya, tetapi yang paling penting adalah anda harus cari dan klik menu icon Softaculouos Apps Installer, biasanya terletak di bagian bawah dari kumpulan icon-icon menu yang ada.

Menu Icon Softaculous Apps Installer
Klik menu icon Softaculous Apps Installer

2.3. Pilih icon WordPress di dashboard Softaculous

Setelah masuk ke dashboard Softaculous, sorot icon wordpress yang biasanya ada di bagian atas, tetapi jika tidak ada, anda bisa menggunakan kotak pencarian dan mengetikan wordpress.

Tampilan Dashboard Softaculous

Setelah di sorot icon wordpressnya, klik tombol Install untuk masuk ke menu instalasi wordpressnya. Selain tombol install juga ada tombol demo untuk lihat demo website yang menggunakan wordpress dan overview yang berisi penjelasan singkat tentang CMS WordPress.

2.4 Isi Form Instalasi WordPress di Softaculous

Ada beberapa field yang harus anda isi/pilih sebelum Softaculous menjalankan script instalasi wordpressnya, dibawah ini beberapa point yang menggunakan bahasa Inggris, tapi mungkin saja di tempat lain terutama provider dari Indonesia sudah menggunakan Bahasa Indonesia.

form instalasi wordpress di softaculous
form instalasi wordpress di softaculous

Penjelasan dari field-field tersebut yaitu :

2.4.1. Bagian SOFTWARE SETUP

  • Choose the version you want to install

Pilih versi wordpress yang ingin anda install, defaulltnya adalah versi terbaru, dan sebaiknya menggunakan versi terbaru untuk keamanan dan kemampuan yang dimiliki wordpress nantinya.

  • Choose Installation URL

Pilih protokol URL wordpress yang akan digunakan, menurut kami, yang paling penting adalah memilih protokol https:// apakah itu dengan www atau tanpa www.

Jika anda memilih https:// dengan www maka website anda nantinya akan diakses dengan default URL https://www.domainku.com. Jika tidak dengan www maka website anda nantinya akan diakses dengan default URL https://domainku.com.

Secara umum tidak ada perbedaan, tetapi kalau anda masih belum ada pilihan, pilih saja https:// dengan www.

Setelah memilih protokol, anda pilih domain yang akan digunakan. Jika dalam 1 akun cPanel anda sudah ada beberapa domain tambahan (addon domains) atau sub domain, maka anda bisa memilih domain tersebut yang mana yang akan digunakan untuk instalasi wordpress.

Setelah memilih domain, maka di bagian paling kanan adalah kotak yang berisi pertanyaan di Directory mana wordpress tersebut akan di install. Jika anda ingin wordpress di install di dalam suatu directory tertentu yang akibatnya juga alamat mengaksesnya juga akan berubah yakni mendapat tambahan /namadirectorynya dibelakang domain anda, maka bisa di isi, jika tidak maka bisa dikosongkan saja.

Contohnya protokol yang dipilih https:// dengan www, kemudian jika domain yang anda gunakan adalah domainku.com, dan terakhir anda isi directorynya dengan kata rumahku, maka website anda akan diakses dengan URL https://www.domainku.com/rumahku. Tetapi jika directory dikosongkan maka URL website anda adalah https://www.domainku.com.

2.4.2. Bagian SITE SETTINGS

bersambung… istirahat dulu…

work as freelancer, web developer, tourism support, organizer, etc - i’m a humanize human, a son, a father, a husband, who love coffee and cigarette, lazy and moody, entrepreneur, very easy to sleep, internet addict, bad designer, humorious, playing guitar, can’t singing & cooking, thin body, brown skin, smily, travelling & hiking, art & culture related, etc………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.