Menambah Domain dan Setting DNS di Cloudflare

Tulisan berikut akan menjelaskan tentang cara menambah domain anda dan Setting DNS di Coudflare. Tetapi sebelumnya akan dimulai dengan beberapa penjelasan yang terkait. Tulisan ini dibuat khususnya untuk konteks website, walaupun bisa juga digunakan untuk yang lainnya.

Jika anda tidak ingin membaca bagian pendahuluan dan ingin langsung ke Cara Menambah Domain dan Setting DNS di Coudflare bisa klik disini.


1. Apa itu Content Delivery Network (CDN) ?

Ada 2 faktor penting jika kita ingin memiliki performa yang bagus di internet yang jika kita abaikan maka harus bersiap-siap ditinggalkan visitor, yaitu kecepatan dan keamanan.

Berbagai upaya dilakukan pemilik data digital yang menggunakan internet untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan, terutama bagi mereka yang harus berhadapan dengan demikian banyaknya pesaing.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan adalah dengan menggunakan Content Delivery Network atau yang biasa disingkat CDN, dalam Bahasa Indonesia berarti Jaringan Distribusi Konten.

Ilustrasi CDN: Kotak Merah adalah server aslinya, Kotak Hitam adalah mirroringnya, Kotak Biru Kecil adalah Visitor
Ilustrasi CDN: Kotak Merah adalah server aslinya, Kotak Hitam adalah mirroringnya, Kotak Biru Kecil adalah Visitor
Ilustrasi tentang Cloudflare sebagai topeng website kita
Ilustrasi tentang Cloudflare sebagai topeng website kita

Secara singkat, CDN adalah sebuah teknologi yang berupaya mendekatkan data dengan membuat semacam kembaran data (mirroring) dan berfungsi sebagai topeng/masking yang akan diakses visitor agar proses transfer data bisa lebih cepat walaupun tempat data aslinya jauh lokasinya dari si visitor dan juga lebih aman bagi pemilik data/website karena tidak mengakses server aslinya.

2. Apa/Siapa itu Cloudflare?

Cloudflare adalah perusahaan salah satu penyedia CDN di dunia ini yang sangat besar.

Dari situs resminya, di publikasikan bahwa saat ini memiliki jaringan di 200 kota yang tersebar di dunia, sebagai cabangnya yang siap melayani dengan memberikan data digital yang diminta visitor.

Peta Jaringan Cloudflare di Dunia
Peta Jaringan Cloudflare di Dunia (Sumber: Cloudflare.com)

Data digital siapa yang diberikan Cloudflare kepada visitor? Yaitu data digital milik para pengguna jasa cloudflare itu yang diberikan kepada visitor.

Lebih dari 27 juta properti Internet ada di Cloudflare, dan jaringan mereka tumbuh pesat setiap harinya. (Sumber: Cloudflare.com)

3. Mengapa kita sebaiknya menggunakan CDN dan DNS di Cloudflare

Apa cuma lebih cepat saja kelebihannya? Tentu tidak walaupun itu salah satu kelebihannya Cloudflare yang utama, tapi ada kelebihan-kelebihan lainnya. Secara singkat kelebihan Cloudflare adalah :

  1. Meningkatkan performa website, seperti yang dijelaskan diatas,
  2. Menghemat bandwidth dari Webhosting, karena yang akan memberikan data ke visitor adalah server CDN nya cloudflare
  3. Melindungi dari spam bots dan hacker, karena tidak menggunakan IP asli dan bisa di setting block IP dsbnya,
  4. Analisa Trafik Website yang lebih akurat, karena tidak menggunakan javascript yang kadangkala belum sempat di eksekusi
  5. Melindungi dari DDOS, jika seandainya ada yang menyerang maka yang terkena adalah topeng server anda, yaitu Cloudflare
  6. SSL Gratis bisa kita dapatkan ketika menggunakan DNS Cloudflare,
  7. Akun Gratis untuk mendapatkan manfaat-manfaat dasar dari Cloudflare yang menurut saya sudah cukup, walaupun ada akun berbayar yang tentunya memberikan kelebihan-kelebihan lainnya.

Mungkin di lain artikel saya akan jelaskan lebih detailnya, tetapi untuk artikel saat ini, sekilas itulah beberapa kelebihan Cloudflare.

Jadi, buat anda pemilik website yang mungkin belum menggunakan CDN dan DNS di Cloudflare bisa mempertimbangkan hal-hal tersebut diatas.

Dan jika anda ingin menambah Domain dan Setting DNS di Coudflare, maka berikut langkah-langkahnya yang kamu lakukan.

4. Menambah Domain di Cloudflare

4.1. Mendaftar Akun Cloudflare

Anda sudah memiliki domain, dan ingin menggunakan Cloudflare, maka yang harus anda lakukan pertama-tama adalah mendaftar untuk membuat akun di Cloudflare terlebih dahulu.

Browsing menuju cloudflare.com, dan klik link Sign Up. Setelah itu isi email sebagai username dan password yang anda inginkan untuk login ke akun cloudflare anda.

Jangan isi password dengan password email anda karena ini adalah untuk login ke akun cloudflare anda, bukan ke akun email anda, jadi 2 hal yang berbeda.

Form registrasi di Cloudflare
Form registrasi di Cloudflare

Gunakan email yang masih aktif untuk verifikasi & konfirmasi registrasi ini. Untuk password minimal 8 karakter dengan campuran minimal 1 angka dan 1 simbol.

Kemudian klik tombol CREATE ACCOUNT, setelah itu anda sebaiknya verifikasi email anda terlebih dahulu baru menuju langkah berikutnya.

4.2. Isi Nama Domain Anda

Input domain anda agar bisa menggunakan fasilitas dari Cloudflare
Input domain anda agar bisa menggunakan fasilitas dari Cloudflare

Isi dengan nama domain anda yang akan menggunakan cloudflare, dan klik tombol Add Site

4.3. Pilih Paket Pelayanan di Cloudflare

Langkah selanjutnya anda akan ditawarkan beberapa paket pelayanan Cloudflare, mulai dari yang gratis sampai yang mahal. Untuk pemula yang belum banyak mengerti hal teknis (atau saya kira bukan pemula pun), paket gratis masih sangat representatif.

Beberapa paket pelayanan yang disediakan Cloudflare
Beberapa paket pelayanan yang disediakan Cloudflare

Semua tentunya tergantung kebutuhan kita, untuk perusahaan besar yang sangat menggantungkan bisnisnya dengan performance jaringan internet dan hal-hal lain seperti keamanan, maka paket berbayar saya kira juga harus dipertimbangkan karena fitur-fitur lebih yang diberikan oleh cloudflare.

Silahkan anda pilih paket pelayanan yang anda inginkan dari Cloudflare, kemudian klik tombol Confirm Plan.

4.4. Ganti Name Server Domain Anda

Setelah anda menginput domain yang akan menggunakan cloudflare, maka cloudflare akan mencoba men-scan domain anda di internet, apakah ada catatan (records) domain anda seperti nameservernya, A records, MX records, CNAME records dll.

Jika domain anda sebelumnya sudah aktif digunakan dan pasti ada records macam-macam itu, maka catatan-catatan tersebut akan dicopy ke DNS recordsnya cloudflare, tetapi jika tidak ada maka sementara akan kosong, tetapi nantinya kita akan isi secara manual.

Kemudian juga Cloudflare akan menginformasikan name server cloudflare yang harus kita gunakan di domain kita.

Penggantian nameserver pada domain kita ini harus kita lakukan kalau mau menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada di cloudflare..

Informasi Name Server yang diberikan Cloudflare
Informasi Name Server yang diberikan Cloudflare

Nameserver yang akan diberikan kepada anda mungkin saja berbeda-beda dengan yang saya terima.

Untuk contoh ini nameserver yang diberikan kepada saya yaitu dahlia.ns.cloudflare.com dan venkat.ns.cloudflare.com.

Setelah itu kita setting nameserver domain kita di PANEL DOMAIN yang kita miliki.

Panel domain akan diberikan aksesnya oleh provider domain dimana kita membeli domain tersebut, jika tidak maka anda bisa konsultasi dengan provider domain tersebut.

Mengganti Name Server Domain Kita di Panel Domain
Mengganti Name Server Domain Kita di Panel Domain

Gambar diatas adalah contoh tempat mengganti nameserver di domain panel, tentunya mungkin saja berbeda-beda tampilannya, tetapi yang pasti anda cari menu untuk mengganti nameserver domain anda.

Jika sudah ada isinya dengan name server sebelumnya silahkan diganti, atau jika masih kosong di isi dengan name server yang diberikan oleh Cloudflare.

Dalam kasus ini saya ganti nameserver domain saya dengan dahlia.ns.cloudflare.com dan venkat.ns.cloudflare.com, kemudian klik tombol Change Nameservers.

Proses pergantian nameserver ini hingga dikenali oleh Cloudflare dan tersebar di jaringan internet di dunia istilah teknisnya adalah PROPAGASI.

Proses propagasi ini belum tentu berlangsung instant saat itu juga, mungkin butuh waktu dari beberapa detik hingga beberapa jam bahkan 24 jam, namun biasanya hanya butuh 1-2 menit saja.

Tombol Check Name Server Cloudflare
Tombol Check Name Server Cloudflare

Untuk memastikan bahwa Cloudflare sudah mengetahui nameserver anda telah berubah menjadi namserver dari cloudflare anda bisa klik tombol Check Name Server.

Akan keluar pesan seperti ini :

NAMADOMAINANDA.COM is now queued up to be re-checked. Please check back in a few hours. You’ll also be notified by email once your site becomes active.

Artinya anda akan mendapat pemberitahuan melalui email jika nameserver anda yang baru sudah dideteksi oleh Cloudflare.

Jika nameserver domain anda sudah aktif di Cloudflare, maka itu artinya setting DNS anda juga akan berefek langsung di jaringan internet dunia, yuk kita masuk ke bagian berikutnya.

5. Setup Dasar Security & Performance Website di Cloudflare

Langkah selanjutnya adalah anda akan dibawa ke menu setting dasar untuk keamanan dan performance website anda. Opsi-opsi pada seting dasar ini juga nantinya bisa anda akses dari menu dahsboard Cloudflare.

Setup Dasar untuk Security & Performance Website
Setup Dasar untuk Security & Performance Website

Penjelasan dari gambar menu diatas adalah sebagai berikut :

5.1. SSL/TLS Mode

Ada beberapa pilihan SSL/TLS yang bisa anda pilih dari Cloudflare. Untuk saat ini, anda pilih defaultnya saja, yaitu Full.

SSL/TLS adalah sebuah protokol atau metode komunikasi antara device di internet yang lebih aman karena melalui proses enkripsi dan deskripsi atau pengacakan data sehingga ketika di ambil oleh penyerang/attacker akan sangat sulit dibaca.

Juga dimasa sekarang protokol ini membuat semakin cepat komunikasi karena ada peningkatan dan temuan algoritma-algoritma baru yang lebih efisien.

Sebenarnya agak banyak yang bisa dibahas dari SSL/TLS ini, tapi mudah-mudahan bisa di bahas di lain artikel, praktisnya untuk langkah ini anda pilih FULL saja.

5.2. Always Use HTTPS

Opsi ini memberikan pilihan kepada anda, apakah visitor yang akan membuka website anda otomatis selalu akan diberikan protokol HTTPS atau tidak, yaitu bisa HTTPS atau HTTP saja.

HTTPS singkatan dari  Hypertext Transfer Protocol Secure, sedangkan HTTP singkatan dari  Hypertext Transfer Protocol.

Jika dilihat dari bahasanya dan juga sesuai fungsinya, yang HTTPS lebih aman daripada HTTP, jadi sebaiknya anda pilih Always Use HTTPS saja.

5.3. Auto Minify

Auto minify adalah sebuah fitur yang akan menyederhanakan, menyingkat, menggabungkan dari beberapa file CSS (Cascading Style Sheet), JS (Javascript), dan HTML (Hypertext Markup Language) website anda agar performance website anda meningkat, khususnya pada saat loading ketika ada visitor membuka website anda.

Kebiasaan saya ketika membuat website khususnya dengan WordPress (bagi yang belum tau apa itu WordPress bisa membaca artikelnya di Mengenal CMS WordPress), untuk pertama kali dan pada masa-masa development/pengembangan sebaiknya di disable saja dulu, untuk melihat apakah website sudah bisa dibuka dengan normal, nantinya ketika kita masuk proses optimasi lebih lanjut maka akan melakukan tweaking-tweaking termasuk diantaranya Auto Minify ini.

Mengapa saya biasanya seperti itu? karena kalau kita melakukan Auto Minify secara total, ada kemungkinan website kita tidak bisa ter-render dengan sempurna khususnya bagi website yang menggunakan banyak CSS dan JS tambahan.

Jadi untuk amannya dilangkah awal ini, opsi ini bisa kita disable terlebih dahulu.

5.4. Brotli

Brotli adalah teknologi kompresi yang dikembangkan oleh Google untuk mempercepat loading sebuah website.

Untuk opsi ini relatif aman jika anda enable-kan, maka sebaiknya di enable-kan saja.

Selain brotli, Google juga mengembangkan banyak teknologi baru untuk mempercepat dan meningkatkan performance tidak hanya untuk website saja, tetapi juga untuk internet secara keseluruhan.

Contoh teknologi lainnya adalah metode kompresi gambar Webp yang juga dikembangkan oleh Google. Semua gambar dihalaman ini menggunakan Webp, dan mudah-mudahan bisa kami bahas juga di lain artikel.

6. Setting DNS di Coudflare

Setelah anda login ke Cloudflare atau melanjutkan langkah dari sebelumnya, maka anda akan menuju dashboard panel dari Cloudflare.

Ada beberapa menu icon yang bisa anda pilih seperti gambar dibawah ini.

Menu icon di dashboard Cloudflare
Menu icon di dashboard Cloudflare

Kita akan fokus ke menu DNS, untuk menu lainnya mudah-mudahan bisa kami buatkan artikelnya di waktu yang lain.

6.1. Proxy Status – Icon Awan Orange dan Abu-Abu.

Perhatikan gambar Setting DNS domain kita yang ada di Cloudflare dibawah ini :

Menu Setting DNS di Cloudflare
Menu Setting DNS di Cloudflare

Pada kotak merah sebelah kiri atas, ada penjelasan dari Cloudflare tentang makna icon awan berwarna orange dan abu-abu.

  • Icon awan berwarna orange berarti website anda akan menggunakan topeng dari Cloudflare yang artinya yang dilihat visitor sebenarnya adalah data dari Cloudflare bukan dari server/webhosting asli anda, harapannya supaya bisa lebih cepat dan lebih aman.
  • Icon awan berwarna abu-abu berarti website anda tidak menggunakan topeng dari Cloudflare, jadi visitor akan melihat atau mendapat data dari Server/Webhosting asli anda alias visitor akan mem-bypass Cloudflare.

6.2. Kotak/Field pada Setting DNS di Coudflare

Dibagian bawah dari kotak merah pada gambar sebelumnya, ada beberapa field/kotak tempat anda membuat DNS Records baru. Penjelasan singkat dari field-field tersebut dimulai dari kiri adalah :

  • Field Type Records, adalah field untuk menentukan jenis records yang ingin anda buat, apakah A records, MX records, CNAME records, TXT records, dlsbnya.
  • Field Name, adalah field untuk mengisi nama records yang ingin anda buat. Misalnya domain anda adalah domainku.com, maka jika anda isi www maka yang dimaksud adalah www.domainku.com. Jika ingin mengisi root domain atau domain asli anda tanpa tambahan apa-apa, maka anda bisa isi dengan symbol @.
  • Field Value, adalah field untuk nilai atau informasi yang anda inginkan untuk nama records yang anda buat. Misalnya domain anda domainku.com, type records anda isi www, name records anda isi @, dan value anda isi 111.222.111.222, maka itu berarti A records dari www.domainku.com adalah 111.222.111.222.
  • Field TTL, adalah field untuk nilai dari TTL (Time To Live). TTL adalah sebuah informasi berapa lama nilai sebuah records akan disimpan oleh visitor tanpa harus melihat/mengecek lagi ke Cloudflare. Auto adalah standar TTL yang biasa digunakan dan dianggap cukup optimal untuk resolve DNS di internet, jadi anda bisa menggunakan opsi Auto saja kecuali jika ada kebutuhan lain.
  • Field Proxy Status (icon Awan atau Cloudflare), seperti yang sudah saya jelaskan tentang perbedaan antara awan warna orange dan abu-abu. Untuk merubahnya tinggal anda klik saja iconnya.
  • Tombol Add Record jika anda ingin menambah dan mengaktifkan record yang sudah anda isi pada field sebelumnya.

6.3. Contoh Setting DNS di Coudflare

Menambah DNS di Coudflare
Menambah DNS Records di Cloudflare

Berikut ini contoh untuk anda yang masih awal menggunakan DNS Setting dari Cloudflare, misalnya sudah memiliki domain dengan spesifikasi seperti ini:

  • Domain : domainku.com
  • IP server web/cPanel : 111.222.111.222

Maka untuk dasar, bisa membuat Setting DNS di Coudflare seperti tabel di bawah ini (jangan lupa ganti dengan data domain anda sendiri):

TypeNameValueTTLProxy
A@111.222.111.222Autoawan orange cloudflare
CNAMEwwwdomainku.comAutoawan orange cloudflare
Amail111.222.111.222Autoawan abu-abu cloudflare
MX@mail.domainku.com
Priority : 1
AutoDNS Only
TXT@v=spf1 +ip4:111.222.111.222 ~allAutoDNS Only
TXTdefault._domainkeyv=DKIM1; k=rsa; p= (lihat di cPanel menu
Email Deliverability
)
AutoDNS Only
Tabel Contoh Setting DNS di Coudflare

Sedikit penjelasan tentang settingan DNS records diatas :

  • Baris pertama : Ketika ada visitor membuka website domainku.com, maka Cloudflare akan memberikan data/hasil render website anda kepada visitor, berdasarkan data yang Cloudflare ambil dari server dengan IP 111.222.111.222. Tetapi karena Proxy Statusnya orange, maka tentunya visitor tidak tahu data tersebut aslinya dari mana.
  • Baris kedua : www.domainku.com adalah nama lain atau alias dari domainku.com, jadi sebenarnya adalah 1 data yang sama, hanya dipanggil dari alamat yang berbeda.
  • Baris ketiga : ini kita persiapkan untuk urusan email, yang berarti ketika ada visitor yang mengirimkan email ke anda, maka email tersebut akan dikirimkan ke server 111.222.111.222, tetapi proxy status berwarna abu-abu karena protokol email adalah berbeda dengan http, sehingga akan bermasalah kalau kita setting proxy statusnya enable/awan orange.
  • Baris keempat : MX records adalah DNS records yang yang berfungsi untuk menunjukan lokasi email server, dalam hal ini kita set bahwa lokasi email servernya adalah mail.domainku.com.
  • Baris keenam adalah SPF dan DKIM records. Kedua records ini dibutuhkan agar email yang kita kirimkan keluar dari server kita bisa masuk ke server tujuan dan tidak dianggap SPAM. Untuk melihat nilai SPF dan DKIM records ini bisa kita lihat di cPanel pada opsi EMAIL DELIVERABILITY.

Bagi saya, contoh diatas adalah standar minimal untuk kita yang ingin menggunakan domain di DNS Cloudflare.

Tentunya DNS record diatas bisa anda kurangi atau tambahi sesuai kebutuhan anda.

Misalkan anda tidak menggunakan email atas nama domain anda, maka cukup baris pertama dan kedua saja sudah cukup.

Atau misalkan anda menggunakan domain anda untuk radio online, maka anda bisa menambahkan A records menuju server radio online anda, dengan proxy status disabled (icon awan abu-abu), lagi-lagi karena protokol radio online berbeda dengan http.

7. Penutup Menambah Domain dan Setting DNS di Coudflare

Demikian tutorial singkat ini saya buat untuk menjelaskan bagaimana cara menambah domain dan Setting DNS di Coudflare. Tentunya tidak akan pernah sempurna dan masih banyak kekurangannya.

Karena itu jika ada pertanyaan, ataupun penjelasan tutorial yang kurang pas, silahkan komen dibawah sehingga bisa dapat saya perbaiki atau tambah kembali agar bisa lebih jelas.

Semoga bermanfaat.

Notes : Tutorial ini dibuat terutama atas saran dari sahabat-sahabat saya di BantuIbu.com, sebuah perusahaan yang menjual produk-produk makanan setengah jadi melalui internet.

work as freelancer, web developer, tourism support, organizer, etc - i’m a humanize human, a son, a father, a husband, who love coffee and cigarette, lazy and moody, entrepreneur, very easy to sleep, internet addict, bad designer, humorious, playing guitar, can’t singing & cooking, thin body, brown skin, smily, travelling & hiking, art & culture related, etc………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.