mengenal cms wordpress

Kita hidup di masa dimana internet menjadi semakin masif masuk ke dalam kehidupan manusia.

Di dunia dan khususnya Indonesia sendiri hanya dalam waktu 20-30 tahun terjadi perubahan yang sangat besar didalam gaya hidup atau lifestyle manusia, contohnya mungkin kita dulu gak akan menyangka bahwa sekarang beli nasi bungkus aja menggunakan internet.

Yang merasakan hidup di sekitar tahun 90-an mungkin merasakan, jangankan memakai internet, HP aja jarang yang punya, tapi sekarang terbalik, agak susah juga cari orang yang tidak punya HP dan tidak menggunakan internet.

Dengan adanya perubahan-perubahan gaya hidup yang terjadi, salah satu unsur besar yang pendukung aktifitas kita ber-internet-ria ini adalah dengan adanya semakin banyak website yang bermunculan baik milik pribadi ataupun organisasi.

Banyaknya website yang bermunculan itu juga dikarenakan adanya software-software, platform atau CMS yang memudahkan kita membuat website meskipun kita orang awam sekalipun.

Kali ini kami akan berbagi pendapat dari sudut pandang kami tentang salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk konteks pembuatan dan pengelolaan website, yaitu CMS WORDPRESS.


1. Apa itu CMS ?

CMS singkatan dari Content Management System, sebuah software yang berisi system untuk mengatur, mengelola, mengedit, menampilkan materi-materi berupa teks, gambar, suara, video atau gabungan dari unsur-unsur tersebut agar lebih mudah.

Fitur inti dari CMS dikutip dari WIKIPEDIA adalah :

  • Peng-indeks-an
  • Pencarian dan Pengambilan;
  • Manajemen Format;
  • Kontrol Revisi; dan
  • Manajemen

Sehingga secara mendasar, sebuah software atau system akan bisa dikatakan sebagai CMS jika memang memiliki fungsi-fungsi seperti tersebut diatas, baik digunakan untuk lingkungan internal saja, misalnya untuk manajemen sebuah perusahaan, atau ditampilkan untuk publik, misalnya untuk mengatur materi dalam sebuah website (company profile, online shop, blog dlsbnya)

2. Apa itu WordPress?

WordPress adalah salah satu CMS (Content Management System) yang paling banyak digunakan dalam mengembangkan website di dunia saat ini.

WordPress dikembangkan pertama kali oleh Matt Wullenweg, dan saat ini ribuan orang atau mungkin jutaan, juga ikut andil dalam proses perkembangannya.

Bagi yang awam, anggap saja CMS itu seperti Microsoft Word, aplikasi untuk ngetik, cuma ini digunakan untuk membuat website, kira-kira sederhananya seperti itu.

Nah, WordPress adalah salah satu platform CMS dari sekian banyak yang beredar saat ini.

Karena WordPress adalah sebuah CMS, sesuai penjelasan point. 1 diatas, maka bisa dipastikan WordPress juga memiliki kemampuan untuk mengatur materi/content seperti peng-indeks-an, pencarian, manajemen format dan kontrol revisi dari materi/content yang tersimpan didalamnya.

Menurut data dari w3techs.com, data market share yang kami kutip pada saat tulisan ini dibuat, content management paling banyak digunakan di dunia ini direbut oleh WordPress yaitu sebesar 63% lebih (termasuk website ini, salah satu diantara yang 63% itu), di ikuti CMS Joomla sebesar 4%. Jauh banget ya? 

Diagram Market Share CMS di Dunia (Sumber: w3techs.com)

Kalau kamu sudah memiliki wordpress dan ingin membaca tentang cara menambah artikel di wordpress bisa buka link ini.

3. Kelebihan WordPress

Tentunya ada alasan-alasan atau sebab-sebab tertentu sehingga WordPress bisa menjadi CMS yang paling populer didunia saat ini.

Disclaimer: Kami akan mencoba memaparkan terutama berdasarkan pengalaman pribadi walaupun ada juga dari data-data yang kami kumpulkan tentang kelebihan dan kekurangan CMS WordPress, sehingga mungkin saja akan terkesan subyektif.

3.1. WordPress Mudah Digunakan

Perkiraan kami, sebab yang sangat menentukan adalah karena kemudahan pengoperasian dan flexibilitas fungsi website dalam menggunakan wordpress dibanding CMS lain. Sehingga mulai dari pemula sekali, sampai perusahaan besarpun banyak yang menggunakan wordpress sebagai framework website mereka.

Pengalaman pribadi saya dalam mencoba beberapa CMS yang ada, CMS WordPress ini adalah CMS yang paling mudah digunakan.

Jika seandainya kita ingin membuat website, dan kemudian dihadirkan beberapa CMS untuk mencobanya, saya kira pengguna akan memilih WordPress sebagai yang termudah dipahami.

Saya akan memberi contoh tentang Cara Menambah Artikel pada WordPress, tetapi tidak akan menjelaskan bagaimana dengan CMS lainnya, silahkan anda mencoba dan membandingkan sendiri.

Sebelumnya perhatikan dasboard panel utama pada WordPress dibawah ini :

Dashboard utama WordPress, baris sebelah kiri adalah menu utamanya
Dashboard utama WordPress, baris sebelah kiri adalah menu utamanya

Cara menambah artikel pada WordPress :

    1. Login ke dashboard utama WordPress,
    2. Klik Menu POST,
    3. Klik Sub Menu ADD NEW,
    4. Isi Judul/Title dan isi artikel/contentnya dengan tulisan, gambar, video, suara atau sesuai kebutuhan anda,
    5. Klik tombol PUBLISH.

Selesai dalam 5 langkah sederhana, dan artikel anda akan bisa dilihat oleh orang lain melalui website anda. Kalau diperhatikan alurnya, sangat mudah bukan?

Dan itu semua bisa dilakukan tanpa menggunakan code-code apapun karena tool standarnya di bagian pengisian content sudah cukup untuk membuat artikel kita cukup cantik di lihat orang lain.

Tentunya langkah tersebut bisa dikembangkan lebih kompleks lagi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas content anda, dan tentunya juga WordPress menyediakan untuk kebutuhan tersebut.

Untuk lebih jelasnya tentang penambahan artikel, anda juga bisa membaca artikel kami di Cara Menambah Artikel/Posting di WordPress.

3.2. Plugins dan Themes WordPress yang sangat banyak

Alasan berikutnya mengapa WordPress adalah CMS yang paling populer adalah karena memiliki plugins dan themes/tema yang paling banyak dibandingkan CMS lain.

Saat tulisan ini dibuat, dari situs wordpress.org saja saat tulisan ini dibuat telah tersedia 56.318 plugins dan 7.463 tema di situs tersebut, itu belum termasuk plugins-plugins dan themes-themes yang tidak dimasukan ke dalam database wordpress.org.

Dari fungsi yang hanya sederhana untuk nge-blog sampai yang rumit seperti toko online, portal provider webhosting dlsbnya juga ada yang menggunakan CMS ini.

Alasan lain kenapa banyak penggunanya juga karena para developer banyak yang mengembangkan addons atau plugin/themes tambahan, jadi memang saling terkait.

Banyak pengguna mengakibatkan banyak developer plugins dan themes karena ada pasar yang besar, dan karena banyak dukungan plugins dan themes membuat memudahkan penggunanya juga, hingga menyebabkan peminatnya semakin banyak, mbulet jare wong jowo…

3.2.1. Apa itu Themes/Tema di WordPress?

Themes atau tema WordPress adalah code-code yang dibuat orang khususnya untuk mempercantik tampilan dan juga beberapa fitur tambahan dari WordPress standar.

Coba perhatikan 2 buah tema dibawah ini, yang pertama adalah tema Twenty-Twenty, sebuah tema standar (gratis) bawaan dari WordPress

Twenty-Twenty, salah satu tema standar bawaan dari WordPress
Twenty-Twenty, salah satu tema standar bawaan dari WordPress

Kemudian dibawah ini adalah tema alternatif untuk WordPress, yaitu themes AVADA (komersil).

AVADA, salah satu alternatif tema (komersil) untuk WordPress
AVADA, salah satu alternatif tema (komersil) untuk WordPress

Menurut saya pribadi, tema kedua terlihat lebih menarik dan lebih “menjual”, bagaimana dengan anda?

3.2.2. Apa itu Plugins di WordPress ?

Plugins pada WordPress adalah program tambahan (addons) yang bisa kita sematkan agar wordpress bisa memiliki fitur tambahan dari fitur standar yang sudah ada.

Kalau kamu ingin mengetahui secara detail langkah-langkah install WordPress di cPanel bisa membaca artikel kami Cara Install WordPress di cPanel dengan mudah.

bersambung….

work as freelancer, web developer, tourism support, organizer, etc - i’m a humanize human, a son, a father, a husband, who love coffee and cigarette, lazy and moody, entrepreneur, very easy to sleep, internet addict, bad designer, humorious, playing guitar, can’t singing & cooking, thin body, brown skin, smily, travelling & hiking, art & culture related, etc………

One Thought on “Mengenal CMS WordPress, CMS terpopuler di Dunia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.